Jika seandainya kondisi keuangan Anda sudah cukup stabil, bahkan juga lebih di dalam memenuhi kehidupan sehari-hari, maka sudah sepatutnya untuk membeli asuransi. Karena dengan memiliki asuransi ini berarti Anda sudah mencoba mengelola keuangan dengan baik. Asuransi sendiri adalah produk keuangan yang fungsi utamanya adalah untuk proteksi, melindungi dari berbagai macam resiko yang bisa saja terjadi di masa depan, layaknya kematian, kecelakaan ataupun serangan penyakit. Cara klaim asuransi Allianz  ini sendiri juga terbilang mudah sehingga tidak perlu khawatir.

Membeli asuransi dari perusahaan yang terpercaya pada dasarnya adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena memang faktanya tidak semua perusahaan memiliki kondisi keuangan yang cukup stabil, ditambah juga dengan fakta bahwa terkadang ada perusahaan asuransi yang tidak legal, tentunya beresiko tinggi bukan jika seandainya Anda membeli asuransi dari mereka. Karena percuma sudah aktif di dalam membayar preminya secara rutin, namun tidak bisa mengajukan klaim di kemudian hari.

Dalam mengajukan klaim asuransi ini sendiri juga patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya tidak semua perusahaan akan langsung setuju begitu saja atau mengabulkan klaim Anda. Banyak sekali diantara nasabah yang sudah mengajukan klaim, namun tidak diterima. Berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan jika seandainya Anda ingin ajukan klaim asuransi, jangan salah kaprah, yaitu:

  1. Penuhi semua syarat yang diberlakukan, setiap perusahaan asuransi memiliki syarat atau kriteria yang berbeda-beda terkait dengan prosedur klaim mereka. Jadi Anda tidak bisa seenaknya di dalam mengajukan klaim ini, hendaknya semua syarat yang diminta harus dipenuhi, jika tidak memenuhi syarat yang ada secara otomatis pengajuan klaim juga akan ditolak.
  2. Lengkapi semua dokumen atau berkas yang diminta, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyertakan semua berkas atau dokumen yang diminta oleh perusahaan tersebut, biasanya inilah yang memakan waktu yang agak lama. Karena jika seandainya ada dokumen yang kurang, tentunya berkas akan dikembalikan lagi untuk dilengkapi sepenuhnya sebelum nantinya akan diperiksa lagi.
  3. Cek kondisi polis, sepele namun nyatanya banyak yang melupakan hal ini, yaitu mengecek kondisi polis asuransi tersebut apakah masih dalam kondisi yang aktif ataukah tidak. Karena sangat percuma Anda mengajukan klaim, jika seandainya polis yang dimiliki tersebut kondisinya non aktif, secara otomatis klaim juga akan ditolak.
  4. Ketahui apakah klaim Anda termasuk di dalam polis ataukah tidak, di dalam polis asuransi ini berisi klausal-klausal penting tentang apa saja yang ditanggung oleh perusahaan dan juga yang tidak. Itulah mengapa Anda harus tahu apakah klaim yang dimaksudkan termasuk yang ditanggung oleh perusahaan ataukah yang dikecualikan.
  5. Bacalah klausal pengecualiannya, setelah Anda membeli produk asuransi pastinya ada polis dan juga klausal-klausal di dalamnya, termasuk diantaranya adalah klausal pengecualian, apakah klaim yang dimaksud ada disana ataukah tidak, jika seandainya klaim yang Anda maksudkan tersebut termasuk yang ada di dalam klausal pengecualian, secara otomatis tentunya perusahaan asuransi berhak menolak pengajuan Anda.

Hendaknya segera lakukan klaim, jangan menunggu terlalu lama, karena untuk beberapa jenis asuransi terkadang dibatasi waktu maksimal dalam mengajukan klaim. Cara klaim asuransi Allianz menjadi salah satu yang paling mudah, apalagi untuk produk asuransi kesehatannya maka klaim dapat dilakukan secara online, tanpa harus mengirim berkas langsung ke kantornya.