Kondisi petani sayur mayur di Rejang Lebong mengalami pukulan berat. Hal ini terjadi karena sebagian besar harga sayur mayur anjlok. Jika dipanen tidak mencukupi biaya operasional jika dibayarkan modal untuk bercocok tanam kembali minim.

Melihat situasi yang terjadi, Salah satu pasangan Calon Bupati Rejang Lebong, M Fikri Thobari- Tarsisius Samuji berinisiatif membeli sayuran petani lebih tinggi dari pasaran. Untuk tahap pertama sayuran yang dibeli langsung sebanyak 4 ton dan dibagikan kepada Masyarakat.

“Tahap pertama ini kita membeli sebanyak 4 ton sayur mayur dari petani. Sayuran ambi langsung dilahan dengan harga gudang, kita juga membayar biaya transportasi pengakutan sayur mayur tersebut,” ujar Fikri.

Fikri juga menyampaikan bahwa Sayur mayur yang dibeli tersebut selanjutnya diberikan kepada warga yang membutuhkan secara gratis.

“Harapan kita dengan membeli langsung ke petani sesuai harga gudang maka petani bisa terbantu, minimal mereka mendapatkan modal untuk kembali menanam . Sayur yang sudah kita beli ini kita distribusikan kepada warga yang membutuhkan dengan diantar langsung ke rumah-rumah oleh relawan Emak- Emak Fikri- Samuji,” kata Fikri.

Disampaikan ketua Tim Relawan Emak- Emak Fikri-Samuji, Nina Mawan, Sayur Mayur yang dibeli tersebut yakni 2 Ton Kol dengan harga Rp 500/Kg, 500 Kg Terong dengan harga Rp 1500, 500 Kg Daun Bawang dengan harga Rp 1500, 500 Kg labu siam dengan harga RP 1500 dan 500 Kg Tomat dengan harga Rp 1500.

“Untuk Kol harga jual dari petani ke gudang saat ini hanya Rp 300/kg, Tomat, daun bawang, terong dan Labu siam hanya dihargai Rp 1000. Petani juga harus menanggung biaya transportasi Rp 10 ribu- Rp 20 Ribu/ perkarung. Untuk yang kita beli ini seluru biaya transport kita tanggung,” kata Nina.

Nina menambahkan, pihaknya telah membagikan sayur mayur tersebut kepada warga yang membutuhkan di beberapa titik. Setiap kantong plastik berisikan 5 jenis sayur mayur dengan berat sekitar 3 kg.

“Kegiatan pembagian sayur mayur ini sudah berlangsung 2 hari, pembagian pertama kita lakukan di Desa Talang Gambir kecamatan Bermani ulu dan hari ini kita bagikan di kecamatan Curup, Selain itu emak-emak Fikri-Samuji ini masing masing membawa 5 kantong untuk dibagikan kepada tetangga tempat tinggal mereka. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, petani dan penerima terbantu,” pungkas Nina.