Jahe merupakan salah satu bahan alami yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. karena bahan alami ini banyak digunakan untuk campuran pada masakan maupun minuman. Karena dengan menambahkan jahe akan membuat tubuh menjadi lebih hangat dan kuat. Untuk jenis jahe yang bisa digunakan ada beberapa jenis. Namun yang kerap kita kenal dan gunakan sehari-hari mungkin adalah jahe putih. Tetapi tahukah Anda jika ada jenis jahe lain yaitu jahe merah? Karena jenis jahe yang satu ini terbilang belum terlalu familiar, meskipun khasiat jahe merah juga tidak kalah bagus dari jahe biasa.

Jahe merah mungkin ada yang belum pernah melihat atau menggunakannya. Namun ternyata, khasiatnya terbilang lebih unggul dibandingkan jahe biasa dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima. Sesuai dengan namanya, jahe yang satu ini memiliki ciri-ciri permukaan kulitnya yang berwarna merah. Sehingga tidak akan sulit untuk membedakannya dengan jenis jahe lainnya. Untuk bagian dalam jahe merah memiliki warna sedikit kemerahan dan kuning. Selain itu, ciri khas lain yang dimiliki oleh jahe merah adalah ukurannya yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jahe lain. Dan jika melihat dari segi rasa, jahe merah akan terasa lebih pedas dibandingkan jahe lain pada umumnya.

Sehingga bisa dikatakan jika dari segi rasa jahe merah memiliki cita rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan jahe biasa. Sama seperti jahe biasa, jahe merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bahan alami yang satu ini dikenal memiliki berbagai khasiat berikut ini:

  • Membantu meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan.

Kandungan flavonoid dalam jahe merah bisa menjadi penawar untuk batuk ataupun peradangan pada tenggorokan.

  • Membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Pada penderita kolesterol, mengonsumsi jahe merah akan sangat bagus untuk membantu menghancurkan lemak jahat pada tubuh dan mencegah dari kemungkinan mengalami kolesterol tinggi.

  • Mampu meringankan sakit kepala.

Kandungan kamfena pada jahe merah, cita rasa yang pedas, serta manfaat menghangatkan yang dimiliki oleh bahan alami ini bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala yang menyerang. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan cara meminum air rebusan jahe merah.

  • Mampu mengatasi reumatik.

Zat flavonoid dalam jahe merah tidak hanya mampu meringankan gejala batuk dan sakit tenggorokan saja, namun juga bisa mengatasi reumatik.

  • Jika dikonsumsi secara rutin sangat bagus untuk membantu diet.

Jahe merah bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan secara mudah dan efektif. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi jahe merah akan membantu mengontrol nafsu makan lantaran bisa memberikan rasa kenyang pada perut lebih lama.

  • Terhindar dari resiko penyakit jantung.

Penyebab penyakit jantung adalah karena kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Dengan rutin mengonsumsi jahe merah akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Sehingga bisa menekan resiko terjadinya penyakit jantung.

  • Bagus untuk kesehatan lambung dan pencernaan.

Jahe merah diyakini mampu menjaga jumlah asam pada lambung agar tetap stabil. Sehingga jika kandungan asam dalam lambung stabil, maka keinginan untuk mual atau muntah bisa dikurangi.

Itu tadi sederet khasiat jahe merah yang perlu untuk Anda ketahui. Untuk bisa merasakan khasiat dari jahe merah, Anda bisa mengolah bahan alami ini menjadi minuman atau bisa juga dengan menambahkannya dalam masakan. Namun jika cara ini kurang praktis, Anda bisa mencari produk jahe merah olahan yang aman dikonsumsi seperti dari Herbana. Karena ramuan alami jahe merah yang dimiliki oleh Herbana menggunakan 100% bahan alami, melalui proses pengolahan yang sudah teruji klinis, sudah terdaftar di BPOM RI, dan halal untuk dikonsumsi.