Cara Jitu Memiliki Kontrakan Rumah yang Tidak Sepi Penyewa

Memiliki kontrakan rumah bisa menjadi alternatif investasi di masa depan. Kontrakan rumah bisa memberikan penghasilan rutin untukmu. Kamu pun harus menjalankannya dengan serius ketika memutuskan terjun di dalamnya. Mengontrakan rumah tidak asal dikontrakan begitu saja. Kamu harus punya strategi jitu agar kontrakanmu selalu ada penyewa di setiap waktu. Setiap ada penyewa yang keluar, kamu pun bisa mendapatkan penyewa baru dalam waktu sebentar.

Seperti inilah cara jitu yang bisa dilakukan agar kontrakan rumah milikmu tidak pernah sepi penyewa.

Lokasinya berada di tempat yang strategis

Tidak dapat dipungkiri faktor lokasi yang akan menjadi pertimbangan penyewa dalam memilih kontrakan. Kamu sebaiknya mendirikan kontrakan yang strategis. Jika memiliki modal membangunnya di tengah kota itu akan lebih baik, nanti harga bisa menyesuaikan. Untuk mendirikan rumah di tempat yang strategis, kamu perlu melakukan survei terlebih dahulu di mana kamu akan memilih lokasinya. Survei ini mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi tidak apa-apa tidak buru-buru.

Pikirkan juga masalah apakah tempat itu bebas banjir atau tidak. Penyewa tentu saja akan memilih lokasi yang bebas banjir dan kamu bisa menjadikan bebas banjir itu sebagai promosi.

Memberikan fasilitas yang memadai

Kontrakan rumah dipilih karena fasilitasnya yang lengkap. Akan lebih baik jika kamu menyediakan beberapa fasilitas seperti air PAM, listrik, lalu internet. Lalu, jangan lupa membuat perjanjian bahwa penyewa harus menjaga fasilitas dengan baik dan membayar tagihan tepat waktu agar kamu tidak terkena getahnya.

Fasilitas yang memadai ini biasanya akan membuat harga kontrak rumah jadi lebih mahal. Ini bisa menjadi keuntungan untukmu. Jadi, tidak perlu ragu untuk menambah fasilitas asalkan modalnya juga ada. Kalau modalnya tidak ada, kamu tidak perlu memaksakannya.

Mematok harga sesuai dengan lokasi dan fasilitas

Kamu perlu tahu bahwa yang memiliki kontrakan rumah itu bukan kamu saja, jadi kamu perlu melakukan strategi agar orang melirik rumahmu. Salah satunya adalah dengan memasang tarif kontrakan yang wajar. Jangan terlalu mahal karena biasanya penyewa rumah akan memilih rumah yang lain. Jangan juga terlalu murah karena malah kamu yang ragu. Tarif yang wajar maksudnya adalah menyesuaikan tarif sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang ada di rumahmu. Kamu harus bisa menunjukkan kelebihan-kelebihan rumahmu ketika promosi nanti.

Anda bisa menemukan dan inspirasi untuk menentukan tarif harga sewa rata-rata dari kontrakan di Bogor dengan mengunjungi halaman ini https://www.rumah.com/rumah-disewa/di-area-bogor-idjb05

Melakukan perawatan rumah secara rutin

Rumah tidak bisa merawat dirinya sendiri, jadi kamu sebagai pemiliknya harus melakukan perawatan. Misalnya saja merapikan pekarangannya yang kotor. Lalu, mengecat temboknya yang warnanya sudah memudar. Jika ada tembok yang retak segera diperbaiki agar bisa terlihat lebih bagus. Tidak ada salahnya jika kamu menanam bunga di pekarangannya agar terlihat lebih indah. Sebelum penyewa datang, rumah harus terlihat bersih dan rapi sehingga penyewa pun akan merasa berjodoh dengannya. Tidak hanya membuat rupa rumah jadi lebih indah, tapi juga sebagai jaminan bahwa rumahmu layak untuk dikontrakan.

Penyewa tentu saja enggan tinggal di rumah yang kotor, lalu ada banyak fasilitas yang rusak. Misalnya, tembok retak, air PAM tidak ada, lalu atap yang bocor. Sebelum menyewakannya pada orang lain, rumah yang akan dikontrakan harus berada di kondisi terbaiknya. Hal ini juga bisa meningkatkan nilai rumah.

Promosikan di website properti terpercaya

Setelah rumah sudah siap, sekarang saatnya untuk mempromosikan rumahmu. Paling pas dipromosikan di website properti terpercaya. Biasanya website properti tersebut menyediakan iklan secara gratis. Kalau pun kamu memilih iklan premium, biasanya kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan, seperti berada di urutan atas pencarian. Ini akan memudahkan calon penyewa menemukan rumahmu.

Lalu, jangan lupa cantumkan nomor yang bisa dihubungi. Ponsel dan teleponmu harus aktif setiap saat karena panggilan bisa muncul sewaktu-waktu. Lalu, jika penyewa ingin segera melihat rumahnya, kamu perlu menyiapkan waktu kosong itu. Jangan sampai penyewa tidak jadi datang hanya karena kamu tidak punya waktu atau kamu mengubahnya ke waktu lain.

Jangan lupa sediakan surat perjanjian kontrak rumah

Ini adalah hal yang sering dilupakan padahal sangat penting untuk disiapkan. Mungkin kamu berpikir kuitansi yang berisi harga sewa rumah dan waktu kontrak yang penting, padahal ada hal lain yang harus kamu persiapkan, yaitu surat perjanjian kontrak rumah. Surat perjanjian kontrak isinya tidak rumit. Justru masih lebih rumit surat-surat yang harus dilengkapi saat kamu membeli rumah.

Surat perjanjian kontrak rumah juga contohnya sudah cukup banyak di internet. Jadi, bisa kamu tiru dan diganti beberapa elemennya, sesuai dengan data yang kamu miliki. Surat ini sangat penting untuk menjaga otoritasmu sebagai pemilik rumah. Bisa menjadi aturan mutlak yang harus diikuti oleh penyewa rumah.

Hal tersebut untuk menanggulangi hal-hal tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja ada fasilitas rumahmu yang dibawa kabur. Atau penyewa rumah tidak bisa jaga sikap sehingga meresahkan warga di sekitar. Lalu, fasilitas rumah yang sengaja dirusak. Kamu tentunya ingin yang menyewa rumahmu ke orang yang tidak banyak tingkah karena ini menyangkut nama baikmu juga. Jadi, kamu perlu menyusun aturan-aturan yang harus diikuti oleh si penyewa rumah.

Memiliki kontrakan rumah memang akan membantumu secara finansial. Namun, kamu juga tidak bisa lepas tangan begitu saja. Ada risiko yang akan kamu hadapi, dan kamu harus tahu risikonya apa saja. Asalkan tahu apa yang harus dilakukan, kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan baik.