Kegiatan ekspor barang tentu dilakukan ketika Anda ingin mengirim barang dari Indonesia ke luar negeri. Nah saat ini kegiatan ekspor yang kian meningkat adalah pengiriman barang ekspor Indonesia ke Australia. Memang dari tahun ketahun ekspor barang ke Australia kian meningkat dengan tingginya permintaan produk-produk Indonesia untuk negara tersebut.

Nah bagi para pelaku usaha yang mungkin tertarik ingin memasarkan barangnya ke luar negeri tentu harus mempelajari apa saja yang dilakukan saat ekspor barang. Terutama ekspor impor antara Indonesia dan Australia yang berjalan dengan lancar dan untuk menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha. Berikut ini akan dibahas beberapa poin yang diketahui sebelum ekspor barang ke luar negeri salah satunya Australia.

1. Ketahui Tentang Ekspor Barang

Artinya adalah Anda harus tahu terlebih dahulu siapa siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ekspor. Lalu kemudian Anda juga harus memahami barang apa yang akan diekspor, jenisnya dan juga jumlahnya. Mempelajari hal tersebut tentu penting agar anda menjadi seorang eksportir yang baik dan juga bisa bertahan di pemasaran tingkat internasional. Untuk diketahui ada banyak barang ekspor Indonesia ke Australia yang bentuknya peluang ini bisa anda manfaatkan sebagai seorang eksportir pemula.

2. Pahami Ketentuan Barang

Ketika melakukan ekspor barang tentu anda juga harus memahami apa saja prosedur dari ekspor yang tentunya berbeda ketika Anda mengirim barang antar pulau. Karena ketika mengirim barang ke luar negeri, tentu ada beberapa kategori barang yang dilarang atau dibatasi pengirimannya. Saat anda sudah mengetahui kriteria ketentuan barang maka bisa lebih meminimalisir tingkat penolakan barang anda saat akan melakukan ekspor.

3. Pahami Ketentuan Barang Dilarang Ekspor

Memang Ada beberapa barang yang dilarang untuk diekspor baik oleh perorangan ataupun badan usaha yang besar. Misalnya saja biji timah dan konsentratnya, rotan mentah, kayu yang masih dalam bentuk log, bantal trem dari kayu dan pasir silika. Selain memahami barang yang dilarang ekspor Anda juga wajib mengetahui barang apa saja yang bebas ekspor.

4. Pahami Ketentuan Barang Dibatasi Ekspor

Kategori barang ekspor Indonesia ke Australia tentu ada juga yang namanya barang dibatasi. Berbeda dengan barang yang dilarang barang yang dibatasi ini harus punya izin terlebih dahulu ketika akan dikirim ke luar negeri. Izin akan dikeluarkan oleh PEB agar barang tersebut nantinya bisa kembali di ekspor.

5. Adanya Biaya Tambahan Bea Keluar Barang

Dalam bidang ekspor Indonesia anda tidak hanya harus membayar jasa pengiriman saja melainkan ada biaya tambahan berupa bea keluar. Biayanya tentu disesuaikan dengan Undang-undang kepabeanan. Untuk diketahui bahwa tidak semua barang dikenai bea keluar namun hanya barang-barang tertentu saja. Misalnya kulit, biji kakao, kayu kelapa sawit dan juga produk mineral hasil pengolahan.

Nah demikian beberapa poin penting yang harus anda ketahui sebelum melakukan ekspor barang. Adanya banyak jenis barang ekspor Indonesia ke Australia, tentu menjadi peluang yang harus dilihat untuk lebih meningkatkan kualitas barang agar bisa masuk ke pasar Internasional. Nah bagi Anda yang sedang melakukan ekspor barang dan membutuhkan jasa ekspor terpercaya bisa memilih Kilo.id. Jasa ekspor ini tidak hanya  terpercaya tapi juga aman karena barang bisa selamat sampai tujuan. Selain itu pengiriman barang dengan Kilo.id sangat cepat tanpa harus menunggu terlebih dahulu kuota pengiriman penuh. Anda juga akan mendapatkan berbagai fasilitas demi kenyamanan para konsumen dari jasa ekspedisi ini. Tunggu apalagi segera gunakan jasa ekspedisi Kilo.id untuk kenyamanan pengiriman barang ke luar n