Rokok adalah kertas berbentuk silinder yang berdiameter kurang lebih 10mm dengan ukuran panjangnya sekitar 70 sampai 120mm yang berisi cacahan daun tembakau kering. Bahan kimia yang terkandung di dalam rokok diantaranya seperti tar, nikotin, benzene, sianida, metanol, cadmium, amonia, asetilena, arsenik, formaldehida, hidrogen sianida dan karbon monoksida. Tetapi,  dalam bungkus rokok hanya dicantumkan tar dan nikotin saja.

Orang yang merokok disebut perokok aktif, sedangkan orang yang menghirup asap rokok orang lain disebut perokok pasif. Diantara kedua jenis perokok tersebut sama-sama menimbulkan penyakit akibat dari asap rokok, walaupun perokok pasif lebih terkena dampaknya. Untuk itu, ketika kita ingin kesehatan tubuh tetap terjaga perlu mengikuti tips sehat yang salah satu caranya adalah dengan tidak merokok dan menghindar dari orang yang merokok supaya kita tidak menghirup asapnya.

Anda perlu tahu dampak-dampak seperti apa saja yang ditimbulkan akibat merokok, oleh karena itu langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

  1. Kanker

Penyakit kanker akibat dari merokok bukan hanya kanker paru-paru saja, namun juga bisa menyerang hingga seluruh tubuh seperti menimbulkan kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker ginjal, kanker serviks (bagi perempuan) serta kanker kandung kemih.

  1. Kolesterol

HDL atau kadar kolesterol baik pada tubuh dapat menurun akibat dari merokok, namun LDL atau kadar kolesterol jahat akan meningkat. Maka dari itu, merokok dapat meningkatkan kolesterol yang sama saja seperti menimbun banyak lemak dalam tubuh.

  1. Kulit keriput dan jari menguning

Zat-zat kimia yang ada di dalam rokok membuat orang yang merokok mengalami kekeringan pada kulitnya serta penuaan dini. Kulitnya juga kekurangan nutrisi akibat dari aliran darah yang terganggu. Selain itu, efek dari memegang rokok juga membuat jari perokok cenderung menguning.

  1. Terjadinya kekeroposan dan kekuningan pada gigi

Merokok membahayakan kesehatan tubuh pada bagian mulut yang dapat berakibat rusaknya warna gigi serta terlihat kecoklatan jika merokok dilakukan dalam jangan panjang. Tak hanya itu, bagian mulut juga rentan keropos.

  1. Keguguran

Jika perempuan yang sedang mengandung dan mencoba untuk merokok, hal ini dapat berakibat kepada keguguran sebab bayi sangat rentan dengan infeksi telinga, asma, kelainan fisik, gangguan pada pertumbuhan dan kematian mendadak pada bayi.

  1. Masalah mata

Merokok juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mata sebab kebiasaan yang tidak sehat mampu meningkatkan resiko penyakit mata dan mampu mengganggu kemampuan penglihatan.

  1. Mengganggu psikis

Selain berbahaya terhadap fisik seseorang, merokok juga dapat mengakibatkan masalah psikis dengan timbulnya rasa cemas dan gelisah. Hal ini dikarenakan pada saat merokok maka zat kimia nikotin akan dicoba untuk ditarik masuk ke dalam tubuh.

Seperti itulah dampak dari merokok, mengerikan bukan? Bagi para perokok aktif yang ingin berhenti untuk merokok harus ada niat atau komitmen dalam diri sendiri. Mungkin hal ini susah untuk dilakukan, namun ketika berusaha dengan sungguh-sungguh pasti bisa untuk berhenti dari merokok. Kesehatan tubuh itu sangat penting, jadi tetap semangat dan jangan menyerah ya.