Hampir semua orang yang ada di Indonesia memiliki mobil pribadi. Namun tidak sedikit juga yang memiliki asuransi mobil. Hal ini dilakukan agar mobil yang dimiliki dapat dilindungi oleh pihak asuransi apabila pada saat tertentu mengalami kecelakaan. Sehingga untuk perbaikan mobil tidak memerlukan biaya yang begitu banyak.

Karena memang saat ini angka kecelakan tergolong tinggi, maka tidak ada salahnya untuk memulai mendaftarkan asuransi untuk mobil anda. Dengan adanya asuransi mobil anda akan terlindungi. Namun anda juga harus tetap berhati-hati dan selalu mematuhi rambu lalu lintas saat mengendarai mobil anda.

Apabila anda dalam kondisi yang memungkinkan mobil anda mengalami kecelakaan dan membutuhkan perbaikan. Maka anda perlu untuk mengklaim asuransi anda untuk menutup biaya perbaikan tersebut. Oleh karena itu di bawah ini terdapat langkah yang perlu anda lakukan untuk klaim asuransi untuk mobil anda, diantaranya adalah:

1. Melaporkan Kepada Pihak Asuransi Yang Berkaitan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah langsung melaporkan kepada pihak asuransi untuk mengajukan klaim anda. Pastikan saat anda akan mengajukan klaim sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan sebelumnya. Apabila memang sudah memenuhi syarat maka sudah dipastikan laporan anda akan diterima oleh pihak asuransi.

Jika anda menggunakan asuransi mobil All Risk maka sebesar apapun kerusakan yang terjadi pada mobil anda, maka anda dapat melaporkan kepada pihak asuransi. Karena asuransi tersebut dapat diklaim meskipun mobil anda mengalami kerusakan yang tidak terlalu berat.

2. Melampirkan Bukti Kerusakan Mobil

Selanjutnya anda perlu melampirkan bukti bahwa mobil anda mengalami kerusakan. Anda dapat melampirkan bukti tersebut melalui foto. Hal ini sangat penting dilakukan karena memang persyaratan untuk klaim asuransi adalah melampirkan bukti berupa foto. Pastikan anda mengambil foto secara detail.

3. Jelaskan Secara Rinci Kronologi Saat Mengalami Kerusakan

Saat mengajukan prosedur klaim asuransi, anda akan diminta untuk menjelaskan kronologi peristiwa tersebut sehingga menyebabkan kerusakan pada mobil anda. Oleh karena itu anda harus menjelaskan secara rinci mengenai peristiwa yang anda alami. Pastikan anda menjawab pertanyaan dari pihak asuransi dengan baik dan jujur.

4. Melengkapi Berkas

Untuk mendapatkan klaim asuransi anda akan diminta untuk menyiapkan berkas yang diperlukan. Diantaranya adalah formulir klaim, fotokopi surat izin mengemudi dan surat tanda nomor kendaraan bermotor, surat keterangan dari kepolisian mengenai kecelakaan yang anda alami. Kemudian anda juga harus menyiapkan salinan dari polis asuransi tersebut.

Pastikan dokumen yang anda siapkan sudah lengkap dan memenuhi syarat untuk klaim asuransi. Dengan begitu anda perlu menunggu untuk selesainya proses pengajuan klaim anda. Apabila semua berkas anda sudah memenuhi persyaratan maka anda tidak perlu menunggu lama untuk mengklaim asuransi tersebut.

5. Mobil Akan Diperbaiki

Apabila klaim asuransi anda diterima, maka mobil anda akan dibawa ke bengkel untuk perbaikan. Anda hanya perlu menunggu mobil anda selesai diperbaiki. Jika kerusakan pada mobil anda parah, maka setidaknya anda perlu menunggu cukup lama hingga semua proses perbaikan selesai.

Itulah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk mengklaim asuransi mobil saat mengalami kerusakan. Anda harus bersabar saat melakukan pengajuan klaim, hingga proses perbaikan selesai dilakukan. Dengan mendaftarkan asuransi untuk mobil anda, setidaknya anda akan merasa tenang saat mobil anda mengalami kerusakaan. Dapatkan asuransi mobil terbaik dengan membelinya di platform Lifepal. Untuk premi, Anda bisa mendapatkan diskon flash sale hingga 25%.