Siapa bilang penyakit diare termasuk masalah kesehatan yang ringan, karena meskipun gangguan kesehatan yang satu ini bisa dengan mudah ditangani, namun jika seandainya Anda terlambat dalam mendapatkan pengobatan nyatanya tetap bisa berdampak fatal. Termasuk diantaranya juga bisa menyebabkan kematian. Pastinya Anda tak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Diare sendiri adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di negara-negara berkembang, khususnya dengan kondisi lingkungan yang kurang bersih.

Penyakit tersebut umumnya menyerang sistem pencernaan sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kondisi yaitu buang air besar secara berlebih dengan kondisi feses yang cair. Hal ini jika tidak segera ditangani secara tepat memang rentan menyebabkan kondisi yaitu dehidrasi. Kondisi inilah yang bisa berujung fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian. Adapun diantaranya tanda-tanda diare sudah sangat membahayakan yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Terjadi penurunan berat badan, karena buang air besar secara terus-menerus tanpa bisa dikontrol. Hal ini memang kerap kali membuat penderita diare tersebut kekurangan nutrisi, karena makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik. Jika seandainya hal ini terjadi dalam jangka waktu lama. Maka bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan.
  2. Lemas, ini berkaitan dengan gejala dehidrasi yang dialami oleh penderita diare, dimana karena memang tubuh kehilangan banyak cairan maka akan membuatnya menjadi lemas tidak bertenaga. Tentunya akan sulit untuk melakukan aktivitas karena tidak ada tenaga.
  3. Keluar darah dari tinja, umumnya memang terjadi perubahan pada tekstur dan juga warna tinja ketika seseorang sedang terserang diare. Diantaranya adalah tinja berubah menjadi cair bahkan tak jarang ada makanan yang belum tercerna secara sempurna ikut keluar ketika uang air besar. Namun jika seandainya ada darah yang juga ikut keluar bersama dengan tinja tentunya wajib diwaspadai. Karena ditakutkan ada bagian dari organ pencernaan yang luka sehingga mengeluarkan darah. Hal ini akan berdampak fatal jika seandainya tak segera diobati.
  4. Demam dan sakit kepala, penderita diare juga tak jarang akan mengalami hal semacam ini jika sudah cukup parah, mengalami dehidrasi berat dan disertai dengan gejala peningkatan suhu badan sampai dengan sakit kepala. Sehingga membuat mereka hanya bisa berbaring di atas tempat tidur. Apalagi pada dasarnya ada banyak sekali diantara faktor penyebab diare, termasuk diantaranya adalah penyakit berbahaya lain yang menyerang sistem pencernaan.
  5. Perubahan warna pada urine, yaitu urine tidak lagi jernih, melainkan sudah berubah warna menjadi keruh dan gelap. Ini merupakan gejala fatal yang wajib untuk diwaspadai, karena sebenarnya tubuh tengah kekurangan cairan atau yang dikenal juga sebagai dehidrasi. Dehidrasi berat akan membuat ginjal juga semakin berat dalam bekerja untuk menyaring darah karena tubuh kekurangan cairan untuk membantunya.

Jangan sepelekan tanda-tanda diare di atas, segera berikan pertolongan pertama dan bawa ke rumah sakit. Pengobatan sedini mungkin akan memberikan hasil yang lebih optimal untuk masalah kesehatan tersebut. Diare ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk Anda dalam menjaga kebersihan, tidak rutin mencuci tangan menggunakan sabun, kemudian juga kondisi lingkungan yang kotor sampai dengan suka jajan sembarangan tanpa memperhatikan higienitasnya. Untuk itulah maka tak ada salahnya mulai dari sekarang mengubah pola hidup buruk Anda tersebut menjadi lebih sehat, sehingga nantinya bisa terhindar dari penyakit diare. Ingat bahwa kesehatan adalah hal yang mahal harganya.