Bawang putih merupakan salah satu jenis umbi lapis yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Selain menjadi pelengkap bumbu dapur, bawang putih juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari serangan jantung, tekanan darah rendah maupun tinggi, penurunan aliran darah hingga kolesterol.

Khasiat yang menakjubkan dari bawang putih ini membantu mencegah pembentukan angiotensin II serta membuat rileks pembuluh darah dan hormon. Namun memaksimalkan kandungan yang ada dalam bawang putih agar bisa bermanfaat yang maksimal untuk kesehatan. Tentunya Anda tidak boleh asal mengolahnya begitu saja.

Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana tata cara pengolahan bawang putih yang benar agar manfaatnya bisa Anda dapatkan secara maksimal:

1. Pilih bawang putih yang masih segar 

Dalam bawang putih terdapat kandungan yang disebut dengan allicin. Allicin sendiri merupakan cairan berminyak berwarna kuning yang menyebabkan bawang putih memiliki bau khas. Cairan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, dan banyak ditemukan pada bawang putih yang masih segar.

Sehingga untuk bisa mendapatkan manfaat dari bawang putih ini sebaiknya Anda memilih bawang putih yang masih segar dan tidak layu. Hindari juga membeli bawang putih yang telah dikupas dan diawetkan, sebab bawang putih yang demikian justru tidak memiliki kandungan allicin yang banyak.

Dalam sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa zat allicin pada bawang putih yang telah dipotong dan disimpan dalam air selama lebih dari 6 hari akan hilang. Sedangkan jika kupasan bawang putih disimpan di dalam minyak sayur, maka senyawa allicin tersebut akan hilang dalam waktu 3 jam saja Oleh karena itu pastikan Anda memilih bawang putih yang masih segar yang  biasa dijual di pasar-pasar tradisional

2. Diamkan bawang putih beberapa menit sebelum diolah

Selain menggunakan bawang putih yang masih segar, Anda juga disarankan untuk mendiamkan kupasan bawang putih tersebut beberapa menit sebelum diolah. Hal ini dilakukan agar kandungan senyawa allicin yang ada di dalamnya bisa keluar.

Perlu diingat bahwa kandungan allicin pada bawang putih yang baik hanya ada jika didiamkan beberapa menit saja. Karena kandungan allicin pada bawang putih ini hanya akan ada jika Anda mencincangnya. Maka sebaiknya diamkan kupasan bawang putih kurang lebih 10 hingga 15 menit  sebelum diolah agar bermanfaat bagi kesehatan.

3. Lebih baik jika dihaluskan

Selain didiamkan terlebih dahulu sebelum digunakan, untuk mendapatkan manfaat yang lebih bagi tubuh alangkah baiknya jika bawang putih juga dihaluskan terlebih dahulu. Tata cara pengolahan bawang putih yang benar agar terasa manfaatnya memang dimulai dari  dikupas, diiris, dicincang, kemudian dihaluskan.

Namun untuk mendapatkan kandungan allicin yang jauh lebih tinggi dari bawang putih maka sebaiknya Anda disarankan untuk menghaluskan bawang putih terlebih dahulu sebelum nantinya akan diolah atau dikonsumsi.  Merusak bawang putih Yakni dengan cara menghaluskannya merupakan kan hal yang baik untuk mendapatkan manfaat dari kandungan allicin agar bereaksi bersama oksigen.

Untuk mendapatkan bawang putih yang masih segar, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di TaniHub. Sebagai platform penyedia sayur dan buah online terbaik, TaniHub memberikan kemudahan bagi Anda untuk membeli sayuran dan buah-buahan langsung dari petani.

Selain bawang putih, TaniHub juga menjual produk kebutuhan pokok lainnya seperti sayur, buah, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako yang bisa Anda pesan secara online. Selain itu ada juga promo voucher belanja yang bisa Anda manfaatkan loh, ayo tunggu apalagi kunjungi situsnya dan download TaniHub sekarang juga.